Apa itu TIMSS?
TIMSS (Trends in International Mathematics and
Science Study) adalah studi internasional tentang prestasi matematika dan
sains siswa sekolah lanjutan tingkat pertama. Studi ini dikoordinasikan
oleh IEA (The International Association for the Evaluation of Educational
Achievement) yang berkedudukan di Amsterdam, Belanda.
TIMSS merupakan studi yang diselenggarakan setiap empat
tahun sekali, yaitu pada tahun 1995, 1999, 2003, 2007, 2011, dan
seterusnya. Indonesia mulai sepenuhnya berpartisipasi sejak tahun
1999. Pada tahun 1999 sebanyak 38 negara berpartisipasi sebagai peserta
sedangkan pada tahun 2003 meningkat menjadi 46 negara dan pada tahun 2007
kembali bertambah menjadi 49 negara.
Dalam melakukan studi ini, setiap negara harus
mengikuti prosedur operasi standar yang telah ditetapkan, seperti pelaksanaan
uji coba dan survei, penggunaan tes dan angket, penentuan populasi dan sampel,
pengelolaan dan analisis data, dan pengendalian mutu. Untuk setiap
tahun putaran studi , pengembangan tes dan angket dipusatkan di Boston College,
Boston-USA; penentuan sampel sekolah ditentukan oleh Statistics Canada di
Ottawa-Kanada; dan pengolahan data dilakukan di Data Processing Center,
Hamburg-Jerman.
Tujuan
Tujuan TIMSS adalah untuk mengukur prestasi matematika
dan sains siswa kelas VIII di negara-negara peserta. Bagi Indonesia,
manfaat yang dapat diperoleh antara lain adalah untuk mengetahui posisi
prestasi siswa Indonesia bila dibandingkan dengan prestasi siswa di negara lain
dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Oleh karena itu, hasil studi ini
diharapkan dapat digunakan sebagai masukan dalam perumusan kebijakan untuk
peningkatan mutu pendidikan.
Apa yang
diukur?
Dasar penilaian prestasi matematika dan sains dalam
TIMSS dikategorikan ke dalam dua domain, yaitu isi dan
kognitif. Distribusi spesifikasi dari penilaian tersebut adalah sebagai
berikut:
Domain isi matematika:
1.
Bilangan
2.
Aljabar
3.
Geometri
4.
Data dan
Peluang
Domain isi sains:
1.
Biologi
2.
Kimia
3.
Fisika
4.
Ilmu Bumi
Domain kognitif, baik untuk matematika maupun untuk
sains:
1.
Pengetahuan
2.
Penerapan
3.
Penalaran
Populasi dan
Sampel
Populasi dalam studi ini adalah seluruh siswa kelas
VIII sekolah lanjutan tingkat pertama di Indonesia. Penentuan sampel
dilakukan berdasarkan tiga strata, yaitu jenis sekolah (SMP/MTs), status
sekolah (Negeri/Swasta), dan performance sekolah
(Baik/Sedang/Kurang). Secara keseluruhan, sebanyak 150 SMP/MTs negeri dan
swasta, dengan kategori baik, sedang, dan kurang, terpilih sebagai
sampel. Sejumlah 5.848, 5.762, dan 5.648 siswa berpartisipasi di setiap
tahun putaran studi.
Pengumpulan
Data
Pengumpulan data dilaksanakan pada bulan Maret-April
pada setiap tahun putaran studi dan dilakukan secara bersamaan di
sekolah-sekolah sampel. Siswa-siswa dalam satu kelas utuh diberikan buku
tes untuk dikerjakan selama 90 menit. Setelah itu, siswa, guru
Matematika/Biologi/Fisika, dan kepala sekolah diminta untuk mengisi angket.
Hasil
Tabel berikut menunjukkan peringkat prestasi
matematika dan sains siswa antar-negara peserta (Tahun 2007 rata-rata skor
internasioanal = 500 dan standar deviasi = 100):
Tabel
1. Skor Rata-rata Prestasi Matematika
TIMSS-R 1999
|
|
TIMSS 2003
|
|
TIMSS 2007
|
||||||
No.
|
Negara
|
Skor
|
|
No.
|
Negara
|
Skor
|
|
No.
|
Negara
|
Skor
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
Singapura
|
604
|
|
1
|
Singapura
|
605
|
|
1
|
Taiwan
|
598
|
2
|
Korea
Selatan
|
587
|
|
2
|
Korea
Selatan
|
589
|
|
2
|
Korea
Selatan
|
597
|
3
|
Taiwan
|
585
|
|
3
|
Hongkong
|
586
|
|
3
|
Singapura
|
593
|
4
|
Hongkong
|
582
|
|
4
|
Taiwan
|
585
|
|
4
|
Hongkong
|
572
|
5
|
Jepang
|
579
|
|
5
|
Jepang
|
570
|
|
5
|
Jepang
|
570
|
6
|
Belgia
|
558
|
|
6
|
Belgia
|
537
|
|
6
|
Hungaria
|
517
|
7
|
Belanda
|
540
|
|
7
|
Belanda
|
536
|
|
7
|
Inggris
|
513
|
8
|
Slowakia
|
534
|
|
8
|
Estonia
|
531
|
|
8
|
Rusia
|
512
|
9
|
Hungaria
|
532
|
|
9
|
Hungaria
|
529
|
|
9
|
Amerika
Serikat
|
508
|
10
|
Kanada
|
531
|
|
10
|
Malaysia
|
508
|
|
10
|
Lituania
|
506
|
11
|
Slovenia
|
530
|
|
11
|
Latvia
|
508
|
|
11
|
Ceko
|
504
|
12
|
Rusia
|
526
|
|
12
|
Rusia
|
508
|
|
12
|
Slovenia
|
501
|
13
|
Australia
|
525
|
|
13
|
Slowakia
|
508
|
|
|
Internasional
|
500
|
14
|
Finlandia
|
520
|
|
14
|
Australia
|
505
|
|
13
|
Armenia
|
499
|
15
|
Ceko
|
520
|
|
15
|
Amerika
Serikat
|
504
|
|
14
|
Australia
|
496
|
16
|
Malaysia
|
519
|
|
16
|
Lituania
|
502
|
|
15
|
Swedia
|
491
|
17
|
Bulgaria
|
511
|
|
17
|
Swedia
|
499
|
|
16
|
Malta
|
488
|
18
|
Latvia
|
505
|
|
18
|
Skotlandia
|
498
|
|
17
|
Skotlandia
|
487
|
19
|
Amerika Serikat
|
502
|
|
19
|
Inggris
|
498
|
|
18
|
Serbia
|
486
|
20
|
Inggris
|
496
|
|
20
|
Israel
|
496
|
|
19
|
Italia
|
480
|
21
|
Selandia
Baru
|
491
|
|
21
|
Selandia
Baru
|
494
|
|
20
|
Malaysia
|
474
|
|
Internasional
|
487
|
|
22
|
Slovenia
|
493
|
|
21
|
Norwegia
|
469
|
22
|
Lituania
|
482
|
|
23
|
Italia
|
484
|
|
22
|
Siprus
|
465
|
23
|
Italia
|
479
|
|
24
|
Armenia
|
478
|
|
23
|
Bulgaria
|
464
|
24
|
Siprus
|
476
|
|
25
|
Serbia
|
477
|
|
24
|
Israel
|
463
|
25
|
Rumania
|
472
|
|
26
|
Bulgaria
|
476
|
|
25
|
Ukraina
|
462
|
26
|
Maldova
|
469
|
|
27
|
Rumania
|
475
|
|
26
|
Rumania
|
461
|
27
|
Thailand
|
467
|
|
|
Internasional
|
467
|
|
27
|
Bosnia
Herzegovina
|
456
|
28
|
Israel
|
466
|
|
28
|
Norwegia
|
461
|
|
28
|
Libanon
|
449
|
29
|
Tunisia
|
448
|
|
29
|
Maldova
|
460
|
|
29
|
Thailand
|
441
|
30
|
Masedonia
|
447
|
|
30
|
Siprus
|
459
|
|
30
|
Turki
|
432
|
31
|
Turki
|
429
|
|
31
|
Masedonia
|
435
|
|
31
|
Yordania
|
427
|
32
|
Yordania
|
428
|
|
32
|
Libanon
|
433
|
|
32
|
Tunisia
|
420
|
33
|
Iran
|
422
|
|
33
|
Yordania
|
424
|
|
33
|
Georgia
|
410
|
34
|
INDONESIA
|
403
|
|
34
|
Iran
|
411
|
|
34
|
Iran
|
403
|
35
|
Cili
|
392
|
|
35
|
INDONESIA
|
411
|
|
35
|
Bahrain
|
398
|
36
|
Filipina
|
345
|
|
36
|
Tunisia
|
410
|
|
36
|
INDONESIA
|
397
|
37
|
Maroko
|
337
|
|
37
|
Mesir
|
406
|
|
37
|
Siria
|
395
|
38
|
Afrika
Selatan
|
275
|
|
38
|
Bahrain
|
401
|
|
38
|
Mesir
|
391
|
|
|
|
|
39
|
Palestina
|
390
|
|
39
|
Algeria
|
387
|
|
|
|
|
40
|
Cili
|
387
|
|
40
|
Maroko
|
381
|
|
|
|
|
41
|
Maroko
|
387
|
|
41
|
Kolombia
|
380
|
|
|
|
|
42
|
Filipina
|
378
|
|
42
|
Oman
|
372
|
|
|
|
|
43
|
Botswana
|
366
|
|
43
|
Palestina
|
367
|
|
|
|
|
44
|
Saudi
Arabia
|
332
|
|
44
|
Botswana
|
364
|
|
|
|
|
45
|
Gana
|
276
|
|
45
|
Kuwait
|
354
|
|
|
|
|
46
|
Afrika
Selatan
|
264
|
|
46
|
Elsavador
|
340
|
|
|
|
|
|
|
|
|
47
|
Saudi
Arabia
|
329
|
|
|
|
|
|
|
|
|
48
|
Ghana
|
309
|
|
|
|
|
|
|
|
|
49
|
Qatar
|
307
|
Tabel 2. Skor Rata-rata Prestasi Sains
TIMSS-R 1999
|
|
TIMSS 2003
|
|
TIMSS 2007
|
||||||
No.
|
Negara
|
Skor
|
|
No.
|
Negara
|
Skor
|
|
No.
|
Negara
|
Skor
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
Taiwan
|
569
|
|
1
|
Singapura
|
578
|
|
1
|
Singapura
|
567
|
2
|
Singapura
|
568
|
|
2
|
Taiwan
|
571
|
|
2
|
Taiwan
|
561
|
3
|
Hungaria
|
552
|
|
3
|
Korea
Selatan
|
558
|
|
3
|
Jepang
|
554
|
4
|
Jepang
|
550
|
|
4
|
Hongkong
|
556
|
|
4
|
Korea
Selatan
|
553
|
5
|
Korea
Selatan
|
549
|
|
5
|
Estonia
|
552
|
|
5
|
Inggris
|
542
|
6
|
Belanda
|
545
|
|
6
|
Jepang
|
552
|
|
6
|
Hungaria
|
539
|
7
|
Australia
|
540
|
|
7
|
Inggris
|
544
|
|
7
|
Ceko
|
539
|
8
|
Ceko
|
539
|
|
8
|
Hungaria
|
543
|
|
8
|
Slovenia
|
538
|
9
|
Inggris
|
538
|
|
9
|
Belanda
|
536
|
|
9
|
Hongkong
|
530
|
10
|
Finlandia
|
535
|
|
10
|
Amerika
Serikat
|
527
|
|
10
|
Rusia
|
530
|
11
|
Slowakia
|
535
|
|
11
|
Australia
|
527
|
|
11
|
Amerika
Serikat
|
520
|
12
|
Belgia
|
535
|
|
12
|
Swedia
|
524
|
|
12
|
Lituania
|
519
|
13
|
Slovenia
|
533
|
|
13
|
Slovenia
|
520
|
|
13
|
Australia
|
515
|
14
|
Kanada
|
533
|
|
14
|
Selandia
Baru
|
520
|
|
14
|
Swedia
|
511
|
15
|
Hongkong
|
530
|
|
15
|
Lituania
|
519
|
|
|
Internasional
|
500
|
16
|
Rusia
|
529
|
|
16
|
Slowakia
|
517
|
|
15
|
Skotlandia
|
496
|
17
|
Bulgaria
|
518
|
|
17
|
Belgia
|
516
|
|
16
|
Italia
|
495
|
18
|
Amerika
Serikat
|
515
|
|
18
|
Rusia
|
514
|
|
17
|
Armenia
|
488
|
19
|
Selandia
Baru
|
510
|
|
19
|
Latvia
|
512
|
|
18
|
Norwegia
|
487
|
20
|
Latvia
|
503
|
|
20
|
Skotlandia
|
512
|
|
19
|
Ukraina
|
485
|
21
|
Italia
|
493
|
|
21
|
Malaysia
|
510
|
|
20
|
Yordania
|
482
|
22
|
Malaysia
|
492
|
|
22
|
Norwegia
|
494
|
|
21
|
Malaysia
|
471
|
23
|
Lituania
|
488
|
|
23
|
Italia
|
491
|
|
22
|
Thailand
|
471
|
|
Internasional
|
488
|
|
24
|
Israel
|
488
|
|
23
|
Serbia
|
470
|
24
|
Thailand
|
482
|
|
25
|
Bulgaria
|
479
|
|
24
|
Bulgaria
|
470
|
25
|
Rumania
|
472
|
|
26
|
Yordania
|
475
|
|
25
|
Israel
|
468
|
26
|
Israel
|
468
|
|
|
Internasional
|
474
|
|
26
|
Bahrain
|
467
|
27
|
Siprus
|
460
|
|
27
|
Maldova
|
472
|
|
27
|
Bosnia
Herzegovina
|
466
|
28
|
Maldova
|
459
|
|
28
|
Rumania
|
470
|
|
28
|
Rumania
|
462
|
29
|
Masedonia
|
458
|
|
29
|
Serbia
|
468
|
|
29
|
Iran
|
459
|
30
|
Yordania
|
450
|
|
30
|
Armenia
|
461
|
|
30
|
Malta
|
457
|
31
|
Iran
|
448
|
|
31
|
Iran
|
453
|
|
31
|
Turki
|
454
|
32
|
INDONESIA
|
435
|
|
32
|
Masedonia
|
449
|
|
32
|
Siria
|
452
|
33
|
Turki
|
433
|
|
33
|
Siprus
|
441
|
|
33
|
Siprus
|
452
|
34
|
Tunisia
|
430
|
|
34
|
Bahrain
|
438
|
|
34
|
Tunisia
|
445
|
35
|
Cili
|
420
|
|
35
|
Palestina
|
435
|
|
35
|
INDONESIA
|
427
|
36
|
Filipina
|
345
|
|
36
|
Mesir
|
421
|
|
36
|
Oman
|
423
|
37
|
Maroko
|
323
|
|
37
|
INDONESIA
|
420
|
|
37
|
Georgia
|
421
|
38
|
Afrika
Selatan
|
243
|
|
38
|
Cili
|
413
|
|
38
|
Kuwait
|
418
|
|
|
|
|
39
|
Tunisia
|
404
|
|
39
|
Kolombia
|
417
|
|
|
|
|
40
|
Saudi
Arabia
|
398
|
|
40
|
Libanon
|
414
|
|
|
|
|
41
|
Maroko
|
396
|
|
41
|
Mesir
|
408
|
|
|
|
|
42
|
Libanon
|
393
|
|
42
|
Algeria
|
408
|
|
|
|
|
43
|
Filipina
|
377
|
|
43
|
Palestina
|
404
|
|
|
|
|
44
|
Botswana
|
365
|
|
44
|
Saudi
Arabia
|
403
|
|
|
|
|
45
|
Gana
|
255
|
|
45
|
Maroko
|
402
|
|
|
|
|
46
|
Afrika
Selatan
|
244
|
|
46
|
Elsavador
|
387
|
|
|
|
|
|
|
|
|
47
|
Botswana
|
355
|
|
|
|
|
|
|
|
|
48
|
Qatar
|
319
|
|
|
|
|
|
|
|
|
49
|
Ghana
|
303
|
Tabel di atas menunjukkan bahwa rata-rata skor
prestasi matematika siswa kelas VIII Indonesia berada signifikan di bawah
rata-rata internasional. Indonesia pada tahun 1999 berada di peringkat ke
34 dari 38 negara, tahun 2003 berada di peringkat ke 35 dari 46 negara, dan
tahun 2007 berada di peringkat ke 36 dari 49 negara . Dengan jumlah negara
peserta yang sama seperti dalam matematika, untuk rata-rata skor prestasi sains
posisi Indonesia tidak jauh berbeda. Siswa Indonesia pada tahun 1999
berada di peringkat ke 32, pada tahun 2003 berada di peringkat ke 37, dan pada
tahun 2007 berada di peringkat ke 35.
0 komentar:
Posting Komentar