Jumat, 24 Oktober 2014

SURVEI INTERNASIONAL TIMSS (TRENDS IN INTERNATIONAL MATHEMATICS AND SCIENCE STUDY)


Apa itu TIMSS?
TIMSS (Trends in International Mathematics and Science Study) adalah studi internasional tentang prestasi matematika dan sains siswa sekolah lanjutan tingkat pertama. Studi ini dikoordinasikan oleh IEA (The International Association for the Evaluation of Educational Achievement) yang berkedudukan di Amsterdam, Belanda. 
TIMSS merupakan studi yang diselenggarakan setiap empat tahun sekali, yaitu pada tahun 1995, 1999, 2003, 2007, 2011, dan seterusnya. Indonesia mulai sepenuhnya berpartisipasi sejak tahun 1999. Pada tahun 1999 sebanyak 38 negara berpartisipasi sebagai peserta sedangkan pada tahun 2003 meningkat menjadi 46 negara dan pada tahun 2007 kembali bertambah menjadi 49 negara.
Dalam melakukan studi ini, setiap negara harus mengikuti prosedur operasi standar yang telah ditetapkan, seperti pelaksanaan uji coba dan survei, penggunaan tes dan angket, penentuan populasi dan sampel, pengelolaan dan analisis data, dan pengendalian mutu. Untuk setiap tahun putaran studi , pengembangan tes dan angket dipusatkan di Boston College, Boston-USA; penentuan sampel sekolah ditentukan oleh Statistics Canada di Ottawa-Kanada; dan pengolahan data dilakukan di Data Processing Center, Hamburg-Jerman.

Tujuan
Tujuan TIMSS adalah untuk mengukur prestasi matematika dan sains siswa kelas VIII di negara-negara peserta. Bagi Indonesia, manfaat yang dapat diperoleh antara lain adalah untuk mengetahui posisi prestasi siswa Indonesia bila dibandingkan dengan prestasi siswa di negara lain dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Oleh karena itu, hasil studi ini diharapkan dapat digunakan sebagai masukan dalam perumusan kebijakan untuk peningkatan mutu pendidikan.

Apa yang diukur?
Dasar penilaian prestasi matematika dan sains dalam TIMSS dikategorikan ke dalam dua domain, yaitu isi dan kognitif. Distribusi spesifikasi dari penilaian tersebut adalah sebagai berikut:

Domain isi matematika:
1.       Bilangan
2.       Aljabar
3.       Geometri
4.       Data dan Peluang
Domain isi sains:
1.       Biologi
2.       Kimia
3.       Fisika
4.       Ilmu Bumi
Domain kognitif, baik untuk matematika maupun untuk sains:
1.       Pengetahuan
2.       Penerapan
3.       Penalaran

Populasi dan Sampel
Populasi dalam studi ini adalah seluruh siswa kelas VIII sekolah lanjutan tingkat pertama di Indonesia. Penentuan sampel dilakukan berdasarkan tiga strata, yaitu jenis sekolah (SMP/MTs), status sekolah (Negeri/Swasta), dan performance sekolah (Baik/Sedang/Kurang). Secara keseluruhan, sebanyak 150 SMP/MTs negeri dan swasta, dengan kategori baik, sedang, dan kurang, terpilih sebagai sampel. Sejumlah 5.848, 5.762, dan 5.648 siswa berpartisipasi di setiap tahun putaran studi.

Pengumpulan Data
Pengumpulan data dilaksanakan pada bulan Maret-April pada setiap tahun putaran studi dan dilakukan secara bersamaan di sekolah-sekolah sampel. Siswa-siswa dalam satu kelas utuh diberikan buku tes untuk dikerjakan selama 90 menit. Setelah itu, siswa, guru Matematika/Biologi/Fisika, dan kepala sekolah diminta untuk mengisi angket.

Hasil
Tabel berikut menunjukkan peringkat prestasi matematika dan sains siswa antar-negara peserta (Tahun 2007 rata-rata skor internasioanal = 500 dan standar deviasi = 100):

Tabel 1. Skor Rata-rata Prestasi Matematika

TIMSS-R 1999

TIMSS 2003

TIMSS 2007
No.
Negara
Skor

No.
Negara
Skor

No.
Negara
Skor











1
Singapura
604

1
Singapura
605

1
Taiwan
598
2
Korea Selatan
587

2
Korea Selatan
589

2
Korea Selatan
597
3
Taiwan
585

3
Hongkong
586

3
Singapura
593
4
Hongkong
582

4
Taiwan
585

4
Hongkong
572
5
Jepang
579

5
Jepang
570

5
Jepang
570
6
Belgia
558

6
Belgia
537

6
Hungaria
517
7
Belanda
540

7
Belanda
536

7
Inggris
513
8
Slowakia
534

8
Estonia
531

8
Rusia
512
9
Hungaria
532

9
Hungaria
529

9
Amerika Serikat
508
10
Kanada
531

10
Malaysia
508

10
Lituania
506
11
Slovenia
530

11
Latvia
508

11
Ceko
504
12
Rusia
526

12
Rusia
508

12
Slovenia
501
13
Australia
525

13
Slowakia
508


Internasional
500
14
Finlandia
520

14
Australia
505

13
Armenia
499
15
Ceko
520

15
Amerika Serikat
504

14
Australia
496
16
Malaysia
519

16
Lituania
502

15
Swedia
491
17
Bulgaria
511

17
Swedia
499

16
Malta
488
18
Latvia
505

18
Skotlandia
498

17
Skotlandia
487
19
Amerika Serikat
502

19
Inggris
498

18
Serbia
486
20
Inggris
496

20
Israel
496

19
Italia
480
21
Selandia Baru
491

21
Selandia Baru
494

20
Malaysia
474

Internasional
487

22
Slovenia
493

21
Norwegia
469
22
Lituania
482

23
Italia
484

22
Siprus
465
23
Italia
479

24
Armenia
478

23
Bulgaria
464
24
Siprus
476

25
Serbia
477

24
Israel
463
25
Rumania
472

26
Bulgaria
476

25
Ukraina
462
26
Maldova
469

27
Rumania
475

26
Rumania
461
27
Thailand
467


Internasional
467

27
Bosnia Herzegovina
456
28
Israel
466

28
Norwegia
461

28
Libanon
449
29
Tunisia
448

29
Maldova
460

29
Thailand
441
30
Masedonia
447

30
Siprus
459

30
Turki
432
31
Turki
429

31
Masedonia
435

31
Yordania
427
32
Yordania
428

32
Libanon
433

32
Tunisia
420
33
Iran
422

33
Yordania
424

33
Georgia
410
34
INDONESIA
403

34
Iran
411

34
Iran
403
35
Cili
392

35
INDONESIA
411

35
Bahrain
398
36
Filipina
345

36
Tunisia
410

36
INDONESIA
397
37
Maroko
337

37
Mesir
406

37
Siria
395
38
Afrika Selatan
275

38
Bahrain
401

38
Mesir
391




39
Palestina
390

39
Algeria
387




40
Cili
387

40
Maroko
381




41
Maroko
387

41
Kolombia
380




42
Filipina
378

42
Oman
372




43
Botswana
366

43
Palestina
367




44
Saudi Arabia
332

44
Botswana
364




45
Gana
276

45
Kuwait
354




46
Afrika Selatan
264

46
Elsavador
340








47
Saudi Arabia
329








48
Ghana
309








49
Qatar
307

 Tabel 2. Skor Rata-rata Prestasi Sains

TIMSS-R 1999

TIMSS 2003

TIMSS 2007
No.
Negara
Skor

No.
Negara
Skor

No.
Negara
Skor











1
Taiwan
569

1
Singapura
578

1
Singapura
567
2
Singapura
568

2
Taiwan
571

2
Taiwan
561
3
Hungaria
552

3
Korea Selatan
558

3
Jepang
554
4
Jepang
550

4
Hongkong
556

4
Korea Selatan
553
5
Korea Selatan
549

5
Estonia
552

5
Inggris
542
6
Belanda
545

6
Jepang
552

6
Hungaria
539
7
Australia
540

7
Inggris
544

7
Ceko
539
8
Ceko
539

8
Hungaria
543

8
Slovenia
538
9
Inggris
538

9
Belanda
536

9
Hongkong
530
10
Finlandia
535

10
Amerika Serikat
527

10
Rusia
530
11
Slowakia
535

11
Australia
527

11
Amerika Serikat
520
12
Belgia
535

12
Swedia
524

12
Lituania
519
13
Slovenia
533

13
Slovenia
520

13
Australia
515
14
Kanada
533

14
Selandia Baru
520

14
Swedia
511
15
Hongkong
530

15
Lituania
519


Internasional
500
16
Rusia
529

16
Slowakia
517

15
Skotlandia
496
17
Bulgaria
518

17
Belgia
516

16
Italia
495
18
Amerika Serikat
515

18
Rusia
514

17
Armenia
488
19
Selandia Baru
510

19
Latvia
512

18
Norwegia
487
20
Latvia
503

20
Skotlandia
512

19
Ukraina
485
21
Italia
493

21
Malaysia
510

20
Yordania
482
22
Malaysia
492

22
Norwegia
494

21
Malaysia
471
23
Lituania
488

23
Italia
491

22
Thailand
471

Internasional
488

24
Israel
488

23
Serbia
470
24
Thailand
482

25
Bulgaria
479

24
Bulgaria
470
25
Rumania
472

26
Yordania
475

25
Israel
468
26
Israel
468


Internasional
474

26
Bahrain
467
27
Siprus
460

27
Maldova
472

27
Bosnia Herzegovina
466
28
Maldova
459

28
Rumania
470

28
Rumania
462
29
Masedonia
458

29
Serbia
468

29
Iran
459
30
Yordania
450

30
Armenia
461

30
Malta
457
31
Iran
448

31
Iran
453

31
Turki
454
32
INDONESIA
435

32
Masedonia
449

32
Siria
452
33
Turki
433

33
Siprus
441

33
Siprus
452
34
Tunisia
430

34
Bahrain
438

34
Tunisia
445
35
Cili
420

35
Palestina
435

35
INDONESIA
427
36
Filipina
345

36
Mesir
421

36
Oman
423
37
Maroko
323

37
INDONESIA
420

37
Georgia
421
38
Afrika Selatan
243

38
Cili
413

38
Kuwait
418




39
Tunisia
404

39
Kolombia
417




40
Saudi Arabia
398

40
Libanon
414




41
Maroko
396

41
Mesir
408




42
Libanon
393

42
Algeria
408




43
Filipina
377

43
Palestina
404




44
Botswana
365

44
Saudi Arabia
403




45
Gana
255

45
Maroko
402




46
Afrika Selatan
244

46
Elsavador
387








47
Botswana
355








48
Qatar
319








49
Ghana
303


Tabel di atas menunjukkan bahwa rata-rata skor prestasi matematika siswa kelas VIII Indonesia berada signifikan di bawah rata-rata internasional. Indonesia pada tahun 1999 berada di peringkat ke 34 dari 38 negara, tahun 2003 berada di peringkat ke 35 dari 46 negara, dan tahun 2007 berada di peringkat ke 36 dari 49 negara . Dengan jumlah negara peserta yang sama seperti dalam matematika, untuk rata-rata skor prestasi sains posisi Indonesia tidak jauh berbeda. Siswa Indonesia pada tahun 1999 berada di peringkat ke 32, pada tahun 2003 berada di peringkat ke 37, dan pada tahun 2007 berada di peringkat ke 35.

0 komentar:

Posting Komentar