Apa
itu PISA?
PISA (Programme for International
Student Assessment) adalah studi internasional tentang prestasi literasi
membaca, matematika, dan sains siswa sekolah berusia 15 tahun. Studi ini
dikoordinasikan oleh OECD (Organisation for Economic Cooperation and
Development) yang berkedudukan di Paris, Perancis.
PISA merupakan studi yang diselenggarakan
setiap tiga tahun sekali, yaitu pada tahun 2000, 2003, 2006, 2009, dan
seterusnya. Indonesia mulai sepenuhnya berpartisipasi sejak tahun
2000. Pada tahun 2000 sebanyak 41 negara berpartisipasi sebagai peserta
sedangkan pada tahun 2003 menurun menjadi 40 negara dan pada tahun 2006 melonjak
menjadi 57 negara.
Dalam melakukan studi ini, setiap negara
harus mengikuti prosedur operasi standar yang telah ditetapkan, seperti
pelaksanaan uji coba dan survei, penggunaan tes dan angket, penentuan populasi
dan sampel, pengelolaan dan analisis data, dan pengendalian mutu. Desain
dan implementasi studi berada dalam tanggung jawab konsorsium internasional
yang beranggotakan the Australian Council for Educational Research (ACER), the
Netherlands National Institute for Educational Measurement (Citogroep), the
National Institute for Educational Policy Research in Japan (NIER),
dan WESTAT United States.
Tujuan
Tujuan PISA adalah untuk mengukur prestasi
literasi membaca, matematika, dan sains siswa sekolah berusia 15 tahun di
negara-negara peserta. Bagi Indonesia, manfaat yang dapat diperoleh antara
lain adalah untuk mengetahui posisi prestasi literasi siswa Indonesia bila
dibandingkan dengan prestasi literasi siswa di negara lain dan faktor-faktor
yang mempengaruhinya. Oleh karena itu, hasil studi ini diharapkan dapat
digunakan sebagai masukan dalam perumusan kebijakan untuk peningkatan mutu
pendidikan.
Apa
yang diukur?
Dasar penilaian prestasi literasi membaca,
matematika, dan sains dalam PISA memuat pengetahuan yang terdapat dalam
kurikulum dan pengetahuan yang bersifat lintas kurikulum. Masing-masing aspek
literasi yang diukur adalah sebagai berikut:
Membaca: memahami, menggunakan, dan merefleksikan dalam
bentuk tulisan.
Matematika: mengidentifikasikan dan memahami serta menggunakan
dasar-dasar matematika yang diperlukan seseorang dalam menghadapi kehidupan
sehari-hari.
Sains: menggunakan pengetahuan dan mengidentifikasi masalah
untuk memahami fakta-fakta dan membuat keputusan tentang alam serta perubahan
yang terjadi pada lingkungan.
Populasi
dan Sampel
Populasi dalam studi ini adalah seluruh
siswa sekolah yang berusia 15 tahun di Indonesia. Penentuan sampel
dilakukan berdasarkan tiga strata, yaitu jenis sekolah (SMP/MTs/SMA/MA/SMK),
status sekolah (Negeri/Swasta), dan performance sekolah
(Baik/Sedang/Kurang). Secara keseluruhan, sebanyak 350 SMP/MTs/SMA/MA/SMK
negeri dan swasta, dengan kategori baik, sedang, dan kurang, terpilih sebagai
sampel. Sekitar 8.000 - 10.000 siswa berpartisipasi di setiap tahun
putaran studi.
Pengumpulan
Data
Pengumpulan data dilaksanakan pada bulan
Maret-April pada setiap tahun putaran studi dan dilakukan secara bersamaan di
sekolah-sekolah sampel. Siswa-siswa sampel diberikan buku tes untuk
dikerjakan selama 120 menit. Setelah itu, siswa dan kepala sekolah diminta
untuk mengisi angket.
Hasil
Tabel berikut menunjukkan peringkat
prestasi literasi membaca, matematika, dan sains siswa antar-negara peserta
(rata-rata skor internasioanal = 500 dan standar deviasi = 100):
Tabel 1. Skor Rata-rata Prestasi Literasi Membaca
|
PISA 2000
|
|
|
|
PISA 2003
|
|
|
|
PISA 2006
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
No.
|
Negara
|
Skor
|
|
No.
|
Negara
|
Skor
|
|
No.
|
Negara
|
Skor
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
Finlandia
|
546
|
|
1
|
Finlandia
|
543
|
|
1
|
Korea Selatan
|
556
|
2
|
Kanada
|
534
|
|
2
|
Korea Selatan
|
534
|
|
2
|
Finlandia
|
547
|
3
|
Selandia Baru
|
529
|
|
3
|
Kanada
|
528
|
|
3
|
Hongkong
|
536
|
4
|
Australia
|
528
|
|
4
|
Australia
|
525
|
|
4
|
Kanada
|
527
|
5
|
Irlandia
|
527
|
|
5
|
Liechtenstein
|
525
|
|
5
|
Selandia Baru
|
521
|
6
|
Hongkong
|
525
|
|
6
|
Selandia Baru
|
522
|
|
6
|
Irlandia
|
517
|
7
|
Korea Selatan
|
525
|
|
7
|
Irlandia
|
515
|
|
7
|
Australia
|
513
|
8
|
Inggris
|
523
|
|
8
|
Swedia
|
514
|
|
8
|
Liechtenstein
|
510
|
9
|
Jepang
|
522
|
|
9
|
Belanda
|
513
|
|
9
|
Polandia
|
508
|
10
|
Swedia
|
516
|
|
10
|
Hongkong
|
510
|
|
10
|
Swedia
|
507
|
11
|
Austria
|
507
|
|
11
|
Belgia
|
507
|
|
11
|
Belanda
|
507
|
12
|
Belgia
|
507
|
|
12
|
Norwegia
|
500
|
|
12
|
Belgia
|
501
|
13
|
Islandia
|
507
|
|
|
Internasional
|
500
|
|
13
|
Estonia
|
501
|
14
|
Norwegia
|
505
|
|
13
|
Swis
|
499
|
|
|
Internasional
|
500
|
15
|
Prancis
|
505
|
|
14
|
Jepang
|
498
|
|
14
|
Swis
|
499
|
16
|
Amerika Serikat
|
504
|
|
15
|
Makau
|
498
|
|
15
|
Jepang
|
498
|
|
Internasional
|
500
|
|
16
|
Polandia
|
497
|
|
16
|
Taiwan
|
496
|
17
|
Denmark
|
497
|
|
17
|
Prancis
|
496
|
|
17
|
Inggris
|
495
|
18
|
Swis
|
494
|
|
18
|
Amerika Serikat
|
495
|
|
18
|
Jerman
|
495
|
19
|
Spanyol
|
493
|
|
19
|
Denmark
|
492
|
|
19
|
Denmark
|
494
|
20
|
Ceko
|
492
|
|
20
|
Islandia
|
492
|
|
20
|
Slovenia
|
494
|
21
|
Italia
|
487
|
|
21
|
Jerman
|
491
|
|
21
|
Makau
|
492
|
22
|
Jerman
|
484
|
|
22
|
Austria
|
491
|
|
22
|
Austria
|
490
|
23
|
Liechtenstein
|
483
|
|
23
|
Latvia
|
491
|
|
23
|
Prancis
|
488
|
24
|
Hungaria
|
480
|
|
24
|
Ceko
|
489
|
|
24
|
Islandia
|
484
|
25
|
Polandia
|
479
|
|
25
|
Hungaria
|
482
|
|
25
|
Norwegia
|
484
|
26
|
Yunani
|
474
|
|
26
|
Spanyol
|
481
|
|
26
|
Ceko
|
483
|
27
|
Portugis
|
470
|
|
27
|
Luksemburg
|
479
|
|
27
|
Hungaria
|
482
|
28
|
Rusia
|
462
|
|
28
|
Portugis
|
478
|
|
28
|
Latvia
|
479
|
29
|
Latvia
|
458
|
|
29
|
Italia
|
476
|
|
29
|
Luksemburg
|
479
|
30
|
Israel
|
452
|
|
30
|
Yunani
|
472
|
|
30
|
Kroasia
|
477
|
31
|
Luksemburg
|
441
|
|
31
|
Slowakia
|
469
|
|
31
|
Portugis
|
472
|
32
|
Thailand
|
431
|
|
32
|
Rusia
|
442
|
|
32
|
Lithuania
|
470
|
33
|
Bulgaria
|
430
|
|
33
|
Turki
|
441
|
|
33
|
Italia
|
469
|
34
|
Meksiko
|
422
|
|
34
|
Uruguay
|
434
|
|
34
|
Slowakia
|
466
|
35
|
Argentina
|
418
|
|
35
|
Thailand
|
420
|
|
35
|
Spanyol
|
461
|
36
|
Cili
|
410
|
|
36
|
Serbia
|
412
|
|
36
|
Yunani
|
460
|
37
|
Brasil
|
396
|
|
37
|
Brasil
|
403
|
|
37
|
Turki
|
447
|
38
|
Masedonia
|
373
|
|
38
|
Meksiko
|
400
|
|
38
|
Cili
|
442
|
39
|
INDONESIA
|
371
|
|
39
|
INDONESIA
|
382
|
|
39
|
Rusia
|
440
|
40
|
Albania
|
349
|
|
40
|
Tunisia
|
375
|
|
40
|
Israel
|
439
|
41
|
Peru
|
327
|
|
|
|
|
|
41
|
Thailand
|
417
|
|
|
|
|
|
|
|
|
42
|
Uruguay
|
413
|
|
|
|
|
|
|
|
|
43
|
Meksiko
|
410
|
|
|
|
|
|
|
|
|
44
|
Bulgaria
|
402
|
|
|
|
|
|
|
|
|
45
|
Serbia
|
401
|
|
|
|
|
|
|
|
|
46
|
Yordania
|
401
|
|
|
|
|
|
|
|
|
47
|
Rumania
|
396
|
|
|
|
|
|
|
|
|
48
|
INDONESIA
|
393
|
|
|
|
|
|
|
|
|
49
|
Brasil
|
393
|
|
|
|
|
|
|
|
|
50
|
Montenegro
|
392
|
|
|
|
|
|
|
|
|
51
|
Kolumbia
|
385
|
|
|
|
|
|
|
|
|
52
|
Tunisia
|
380
|
|
|
|
|
|
|
|
|
53
|
Argentina
|
374
|
|
|
|
|
|
|
|
|
54
|
Azerbeijan
|
353
|
|
|
|
|
|
|
|
|
55
|
Qatar
|
312
|
|
|
|
|
|
|
|
|
56
|
Kirgistan
|
285
|
Tabel
2. Skor Rata-rata Prestasi Literasi Matematika
|
PISA 2000
|
|
|
|
PISA 2003
|
|
|
|
PISA 2006
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
No.
|
Negara
|
Skor
|
|
No.
|
Negara
|
Skor
|
|
No.
|
Negara
|
Skor
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
Hongkong
|
560
|
|
1
|
Hongkong
|
550
|
|
1
|
Taiwan
|
549
|
2
|
Jepang
|
557
|
|
2
|
Finlandia
|
544
|
|
2
|
Finlandia
|
548
|
3
|
Korea Selatan
|
547
|
|
3
|
Korea Selatan
|
542
|
|
3
|
Hongkong
|
547
|
4
|
Selandia Baru
|
537
|
|
4
|
Belanda
|
538
|
|
4
|
Korea Selatan
|
547
|
5
|
Finlandia
|
536
|
|
5
|
Liechtenstein
|
536
|
|
5
|
Belanda
|
531
|
6
|
Australia
|
533
|
|
6
|
Jepang
|
534
|
|
6
|
Swis
|
530
|
7
|
Kanada
|
533
|
|
7
|
Kanada
|
532
|
|
7
|
Kanada
|
527
|
8
|
Swis
|
529
|
|
8
|
Belgia
|
529
|
|
8
|
Makau
|
525
|
9
|
Inggris
|
529
|
|
9
|
Makau
|
527
|
|
9
|
Liechtenstein
|
525
|
10
|
Belgia
|
520
|
|
10
|
Swis
|
527
|
|
10
|
Jepang
|
523
|
11
|
Prancis
|
517
|
|
11
|
Australia
|
524
|
|
11
|
Selandia Baru
|
522
|
12
|
Austria
|
515
|
|
12
|
Selandia Baru
|
523
|
|
12
|
Belgia
|
520
|
13
|
Denmark
|
514
|
|
13
|
Ceko
|
516
|
|
13
|
Australia
|
520
|
14
|
Islandia
|
514
|
|
14
|
Islandia
|
515
|
|
14
|
Estonia
|
515
|
15
|
Liechtenstein
|
514
|
|
15
|
Denmark
|
514
|
|
15
|
Denmark
|
513
|
16
|
Swedia
|
510
|
|
16
|
Prancis
|
511
|
|
16
|
Ceko
|
510
|
17
|
Irlandia
|
503
|
|
17
|
Swedia
|
509
|
|
17
|
Islandia
|
506
|
|
Internasional
|
500
|
|
18
|
Austria
|
506
|
|
18
|
Austria
|
505
|
18
|
Norwegia
|
499
|
|
19
|
Jerman
|
503
|
|
19
|
Slovenia
|
504
|
19
|
Ceko
|
498
|
|
20
|
Irlandia
|
503
|
|
20
|
Jerman
|
504
|
20
|
Amerika Serikat
|
493
|
|
|
Internasional
|
500
|
|
21
|
Swedia
|
502
|
21
|
Jerman
|
490
|
|
21
|
Slowakia
|
498
|
|
22
|
Irlandia
|
501
|
22
|
Hungaria
|
488
|
|
22
|
Norwegia
|
495
|
|
|
Internasional
|
500
|
23
|
Rusia
|
478
|
|
23
|
Luksemburg
|
493
|
|
23
|
Prancis
|
496
|
24
|
Spanyol
|
476
|
|
24
|
Polandia
|
490
|
|
24
|
Inggris
|
495
|
25
|
Polandia
|
470
|
|
25
|
Hungaria
|
490
|
|
25
|
Polandia
|
495
|
26
|
Latvia
|
463
|
|
26
|
Spanyol
|
485
|
|
26
|
Slowakia
|
492
|
27
|
Italia
|
457
|
|
27
|
Latvia
|
483
|
|
27
|
Hungaria
|
491
|
28
|
Portugis
|
454
|
|
28
|
Amerika Serikat
|
483
|
|
28
|
Luksemburg
|
490
|
29
|
Yunani
|
447
|
|
29
|
Rusia
|
468
|
|
29
|
Norwegia
|
490
|
30
|
Luksemburg
|
446
|
|
30
|
Portugis
|
466
|
|
30
|
Lithuania
|
486
|
31
|
Israel
|
433
|
|
31
|
Italia
|
466
|
|
31
|
Latvia
|
486
|
32
|
Thailand
|
432
|
|
32
|
Yunani
|
445
|
|
32
|
Spanyol
|
480
|
33
|
Bulgaria
|
430
|
|
33
|
Serbia
|
437
|
|
33
|
Azerbeijan
|
476
|
34
|
Argentina
|
388
|
|
34
|
Turki
|
423
|
|
34
|
Rusia
|
476
|
35
|
Meksiko
|
387
|
|
35
|
Uruguay
|
422
|
|
35
|
Amerika Serikat
|
474
|
36
|
Cili
|
384
|
|
36
|
Thailand
|
417
|
|
36
|
Kroasia
|
467
|
37
|
Albania
|
381
|
|
37
|
Meksiko
|
385
|
|
37
|
Portugis
|
466
|
38
|
Masedonia
|
381
|
|
38
|
INDONESIA
|
360
|
|
38
|
Italia
|
462
|
39
|
INDONESIA
|
367
|
|
39
|
Tunisia
|
359
|
|
39
|
Yunani
|
459
|
40
|
Brasil
|
334
|
|
40
|
Brasil
|
356
|
|
40
|
Israel
|
442
|
41
|
Peru
|
292
|
|
|
|
|
|
41
|
Serbia
|
435
|
|
|
|
|
|
|
|
|
42
|
Uruguay
|
427
|
|
|
|
|
|
|
|
|
43
|
Turki
|
424
|
|
|
|
|
|
|
|
|
44
|
Thailand
|
417
|
|
|
|
|
|
|
|
|
45
|
Rumania
|
415
|
|
|
|
|
|
|
|
|
46
|
Bulgaria
|
413
|
|
|
|
|
|
|
|
|
47
|
Cili
|
411
|
|
|
|
|
|
|
|
|
48
|
Meksiko
|
406
|
|
|
|
|
|
|
|
|
49
|
Montenegro
|
399
|
|
|
|
|
|
|
|
|
50
|
INDONESIA
|
391
|
|
|
|
|
|
|
|
|
51
|
Yordania
|
384
|
|
|
|
|
|
|
|
|
52
|
Argentina
|
381
|
|
|
|
|
|
|
|
|
53
|
Kolumbia
|
370
|
|
|
|
|
|
|
|
|
54
|
Brasil
|
370
|
|
|
|
|
|
|
|
|
55
|
Tunisia
|
365
|
|
|
|
|
|
|
|
|
56
|
Qatar
|
318
|
|
|
|
|
|
|
|
|
57
|
Kirgistan
|
311
|
Tabel
3. Skor Rata-rata Prestasi Literasi Sains
|
PISA 2000
|
|
|
|
PISA 2003
|
|
|
|
PISA 2006
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
No.
|
Negara
|
Skor
|
|
No.
|
Negara
|
Skor
|
|
No.
|
Negara
|
Skor
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
Korea Selatan
|
552
|
|
1
|
Finlandia
|
548
|
|
1
|
Finlandia
|
563
|
2
|
Jepang
|
550
|
|
2
|
Jepang
|
548
|
|
2
|
Hongkong
|
542
|
3
|
Hongkong
|
541
|
|
3
|
Hongkong
|
539
|
|
3
|
Kanada
|
534
|
4
|
Finlandia
|
538
|
|
4
|
Korea Selatan
|
538
|
|
4
|
Taiwan
|
532
|
5
|
Inggris
|
532
|
|
5
|
Liechtenstein
|
525
|
|
5
|
Estonia
|
531
|
6
|
Kanada
|
529
|
|
6
|
Australia
|
525
|
|
6
|
Jepang
|
531
|
7
|
Selandia Baru
|
528
|
|
7
|
Makau
|
525
|
|
7
|
Selandia Baru
|
530
|
8
|
Australia
|
528
|
|
8
|
Belanda
|
524
|
|
8
|
Australia
|
527
|
9
|
Austria
|
519
|
|
9
|
Ceko
|
523
|
|
9
|
Belanda
|
525
|
10
|
Irlandia
|
513
|
|
10
|
Selandia Baru
|
521
|
|
10
|
Liechtenstein
|
522
|
11
|
Swedia
|
512
|
|
11
|
Kanada
|
519
|
|
11
|
Korea Selatan
|
522
|
12
|
Ceko
|
511
|
|
12
|
Swis
|
513
|
|
12
|
Slovenia
|
519
|
13
|
Prancis
|
500
|
|
13
|
Prancis
|
511
|
|
13
|
Jerman
|
516
|
14
|
Norwegia
|
500
|
|
14
|
Belgia
|
509
|
|
14
|
Inggris
|
515
|
|
Internasional
|
500
|
|
15
|
Swedia
|
506
|
|
15
|
Ceko
|
513
|
15
|
Amerika Serikat
|
499
|
|
16
|
Irlandia
|
505
|
|
16
|
Swis
|
512
|
16
|
Hungaria
|
496
|
|
17
|
Hungaria
|
503
|
|
17
|
Makau
|
511
|
17
|
Islandia
|
496
|
|
18
|
Jerman
|
502
|
|
18
|
Austria
|
511
|
18
|
Belgia
|
496
|
|
|
Internasional
|
500
|
|
19
|
Belgia
|
510
|
19
|
Swis
|
496
|
|
19
|
Polandia
|
498
|
|
20
|
Irlandia
|
508
|
20
|
Spanyol
|
491
|
|
20
|
Slowakia
|
495
|
|
21
|
Hungaria
|
504
|
21
|
Jerman
|
487
|
|
21
|
Islandia
|
495
|
|
22
|
Swedia
|
503
|
22
|
Polandia
|
483
|
|
22
|
Amerika Serikat
|
491
|
|
|
Internasional
|
500
|
23
|
Denmark
|
481
|
|
23
|
Austria
|
491
|
|
23
|
Polandia
|
498
|
24
|
Italia
|
478
|
|
24
|
Rusia
|
489
|
|
24
|
Denmark
|
496
|
25
|
Liechtenstein
|
476
|
|
25
|
Latvia
|
489
|
|
25
|
Prancis
|
495
|
26
|
Yunani
|
461
|
|
26
|
Spanyol
|
487
|
|
26
|
Slowakia
|
493
|
27
|
Rusia
|
460
|
|
27
|
Italia
|
486
|
|
27
|
Islandia
|
491
|
28
|
Latvia
|
460
|
|
28
|
Norwegia
|
484
|
|
28
|
Latvia
|
490
|
29
|
Portugis
|
459
|
|
29
|
Luksemburg
|
483
|
|
29
|
Amerika Serikat
|
489
|
30
|
Bulgaria
|
448
|
|
30
|
Yunani
|
481
|
|
30
|
Slowakia
|
488
|
31
|
Luksemburg
|
443
|
|
31
|
Denmark
|
475
|
|
31
|
Spanyol
|
488
|
32
|
Thailand
|
436
|
|
32
|
Portugis
|
468
|
|
32
|
Lithuania
|
488
|
33
|
Israel
|
434
|
|
33
|
Uruguay
|
438
|
|
33
|
Norwegia
|
487
|
34
|
Meksiko
|
422
|
|
34
|
Serbia
|
436
|
|
34
|
Luksemburg
|
486
|
35
|
Cili
|
415
|
|
35
|
Turki
|
434
|
|
35
|
Rusia
|
479
|
36
|
Masedonia
|
401
|
|
36
|
Thailand
|
429
|
|
36
|
Italia
|
475
|
37
|
Argentina
|
396
|
|
37
|
Meksiko
|
405
|
|
37
|
Portugis
|
474
|
38
|
INDONESIA
|
393
|
|
38
|
INDONESIA
|
395
|
|
38
|
Yunani
|
473
|
39
|
Albania
|
376
|
|
39
|
Brasil
|
390
|
|
39
|
Israel
|
454
|
40
|
Brasil
|
375
|
|
40
|
Tunisia
|
385
|
|
40
|
Cili
|
438
|
41
|
Peru
|
333
|
|
|
|
|
|
41
|
Serbia
|
436
|
|
|
|
|
|
|
|
|
42
|
Bulgaria
|
434
|
|
|
|
|
|
|
|
|
43
|
Uruguay
|
428
|
|
|
|
|
|
|
|
|
44
|
Turki
|
424
|
|
|
|
|
|
|
|
|
45
|
Yordania
|
422
|
|
|
|
|
|
|
|
|
46
|
Thailand
|
421
|
|
|
|
|
|
|
|
|
47
|
Rumania
|
418
|
|
|
|
|
|
|
|
|
48
|
Montenegro
|
412
|
|
|
|
|
|
|
|
|
49
|
Meksiko
|
410
|
|
|
|
|
|
|
|
|
50
|
INDONESIA
|
393
|
|
|
|
|
|
|
|
|
51
|
Argentina
|
391
|
|
|
|
|
|
|
|
|
52
|
Brasil
|
390
|
|
|
|
|
|
|
|
|
53
|
Kolumbia
|
388
|
|
|
|
|
|
|
|
|
54
|
Tunisia
|
386
|
|
|
|
|
|
|
|
|
55
|
Azerbeijan
|
382
|
|
|
|
|
|
|
|
|
56
|
Qatar
|
349
|
|
|
|
|
|
|
|
|
57
|
Kirgistan
|
322
|
0 komentar:
Posting Komentar